Selamat datang di blog saya dan terima kasih sudah mau berkunjung. Di blog ini saya tidak hanya menuangkan uneg-uneg,tapi juga berbagi ilmu dengan semua. ENJOY MY BLOG !!

Monday, March 21, 2011

Tips dan Trik Mudah Berbicara Bahasa Inggris

          Sudah lama saya belajar Bahasa Inggris di sebuah tempat kursus cukup terkenal di daerah tangerang dan sekitarnya.Tetapi saya masih saja kurang pede dan ragu untuk berbicara Bahasa Inggris di depan umum. Dan dari pengalaman itulah saya belajar banyak tentang menguasai Bahasa Inggris dari mentor-mentor saya. Berikut ini hal-hal yang saya dapatkan :



1. Tonton film/drama barat/mainkan game-game berbahasa inggris yang ada alur ceritanya. kemudian ikuti bagaimana mereka yang notabene merupakan seorang native (orang pribumi sebagai pemakai bahasa asli) berbicara. Misalnya : I don't know why they call me heart breaker menjadi I dunno why they call me heart brekah.

2. Ketika berbicara dalam bahasa inggris, coba belajar menjadi orang yang sedikit cadel (seperti yang kita ketahui bahwa native itu tidak bisa mengucapkan 'R' secara jelas).

3.Gabungkan beberapa kata yang dianggap perlu dan biasa digunakan oleh native seperti, think over dibaca menjadi thingkova, good afternoon dibaca menjadi gudafternun,dsb.

4. Usahakan menggunakan intonasi,jangan berbicara datar.

5.Jadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa Anda bukan sebagai bahasa asing. dan jadikan sebagai bahasa sehari-hari.

6.Sebisa mungkin untuk menghilangkan logat asli Anda dan ubah menjadi logat agar tidak ditertawai orang lain.


7.Baca artikel-artikel berbahasa Inggris.

8.Dengarkan lagu-lagu yang berbau Bahasa Inggris dan pahami artinya.

9.Buat kalimat yang berbeda setiap harinya agar Anda terbiasa dan dapat menambah kosa kata yang belum Anda ketahui.

10.Ketika Anda berbicara,hilangkan pikiran tentang Grammer (kecuali jika Anda memang sedang ingin menulis). Tuangkan apa yang ingin Anda katakan.

11.Evaluasi sejauh mana Anda telah menguasai Bahasa Inggris.

12.Ikuti forum debatting/discussing yang menggunakan Bahasa Inggris.

13.Selain mempelajari bahasanya, kita juga harus mempelajari sedikit tentang budaya native agar tidak terjadi kesalahanpahaman ketika sedang berbicara.

14.Jangan pernah takut dibilang sombong,angkuh,dll karena sering berbicara Bahasa Inggris. Katakan pada mereka, bahwa Anda hanya ingin belajar.

15.Hilangkan pikiran tentang kesalahan yang akan Anda buat. Karena dari kesalahan itulah kita belajar.

          Mungkin hanya ini yang dapat saya sarankan,bila ada kekurangan saya mohon maaf. Ingat guys, JANGAN TAKUT SALAH SEBELUM MENCOBA !! dan jangan sampai Anda menjadi orang yang gagal sebelum mencoba (FAILING BEFORE TRYING).

No comments:

Post a Comment